ECB Pangkas Bunga dan Luncurkan QE, Euro Melonjak Tajam

Bonus Welcome Deposit FBS

Pasangan mata uang EUR/USD melonjak hingga sekitar 0.5 persen mencapai level 1.1069 menjelang akhir sesi Eropa (12/9), setelah bank sentral Eropa (European Central Bank/ECB) mengumumkan pemangkasan suku bunga dan meluncurkan program Quantitative Easing (QE). Pengumuman ECB selaras dengan ekspektasi mayoritas pelaku pasar, tetapi dianggap kurang dovish oleh sebagian diantaranya, sehingga Euro mengalami fenomena “sell the rumor, buy the news”. Namun, posisi EUR/USD sudah mulai melemah kembali saat berita ditulis.

ECB Pangkas Bunga dan Luncurkan QE

Dalam rapat kebijakan hari ini, ECB memutuskan untuk memangkas suku bunga deposit utama sebesar 10 basis poin dari -0.4 persen menjadi -0.5 persen. Padahal, sebagian pelaku pasar mengharapkan ECB memangkas suku bunga sebesar 20 basis poin untuk menanggulangi perlambatan ekonomi yang melanda Zona Euro.

Keputusan ECB untuk meluncurkan program Quantitative Easing (QE) lagi juga sesuai ekspektasi pasar. Presiden ECB Mario Draghi bahkan membatasinya pada level 20 Miliar Euro (USD22 Miliar per bulan, atau sekitar setengah dari ekspektasi mayoritas pelaku pasar.

Bersamaan dengan kedua keputusan tersebut, Draghi memangkas biaya bunga untuk TLTRO (targeted long-term refinancing operations) hingga menyamai suku bunga deposit utama. Sebuah sistem bunga deposit bertingkat juga akan diluncurkan, dengan tujuan untuk melindungi perbankan dari tren suku bunga negatif global.

Draghi menyatakan bahwa keputusannya selaras dengan data-data ekonomi terkini. Katanya, “Informasi yang masuk sejak rapat Dewan Gubernur terakhir menandakan kelemahan yang lebih berkepanjangan dalam perekonomian kawasan Euro, bertahannya risiko pelemahan utama, dan lemahnya tekanan inflasi.”

Pelaku pasar merasa kecewa terhadap stimulus ECB yang dianggap kurang masif, sehingga Euro melonjak seketika. Akan tetapi, analis menilai Euro tetap cenderung bearish, karena ECB bakal terus melonggarkan kebijakan moneter mereka.

“Pasar awalnya bereaksi dengan kecewa terhadap berita bahwa ECB “hanya” memangkas suku bunga sebesar 10 basis poin. Namun, sementara kami sedang mengetik, yield jangka pendek dan Euro jatuh. Ini kemungkinan arah yang tepat. Rincian (kebijakan hari ini) mengisyaratkan bahwa bank sentral akan bertindak tegas,” kata Claus Vistesen, pimpinan ekonom Zona Euro dari Pantheon Macroeconomics.

Analisaforex.com di Google Play Store